Friday, September 14, 2012

Sejarah Saya Masuk RocketSub

Pertama-tama mungkin alasan kenapa saya masuk dunia fansubs.
Awal kisah kita mulai ke TKP

Dimulai waktu saya mencari Naruto dengan subtitle Indo dan ketemulah saya di NBL, disana ada link Kaizoku Sentai Gokaiger episode 1 dari MDS dan bermuara pada link IDWS yang di Hide-Thanks waktu itu, sehingga akhirnya saya membuat akun forum IDWS bernama dhachan_kun yang saya gunakan sampai sekarang, sampai episode 22 saya tertarik untuk berdebat dengan komen-komen per-episode di Trit Gokaiger, lalu saya tertarik dengan dunia fansub mulai dari Gokaiger episode 40, dan mulai download aplikasi untuk nge-sub yaitu Aegisubs.

Otodidak dan buta akan Aegisubs, saya mencari tutorialnya di Youtube dan lumayan mahir. Waktu Gokaiger episode 46 saya ditawari Mod Gantar (Moderator SF Tokusatsu) agar cepat-cepat jadi MVU, yang bermuara saya disuruh nge-Junk di Lonje Story milik Tokusatsu Free Talk. Nah disinilah saya bertemu dengan "Nakama" yang membawa saya kedunia Fansub yang sebernarnya, dialah Takashi24 (Rizky Meiputra) pendiri dan pemilik RocketSub. Saya nyalon menjadi TypeSetter (Satu-satunya tempat yang saya bisa selain Translator), dan diterima ^_^. Episode awal yang saya kerjakan adalah Episode 8 Tokumei Sentai Go-Busters, dan half fail XD. Seiring berjalannya waktu saya dapat promosi jabatan menjadi Editor (merangkap TypeSetter) mulai episode 16 karena Takashi24 tidak terlalu suka dengan Go-Busters, kemajuan TypeSet saya juga meningkat sangat pesat, dan akhirnya saya menjadi Pemimpin Project Go-Busters seterusnya mulai episode 21 ini :)

Sekarang kapasitas saya sebagai seorang Fansuber adalah
- Translator (Pengalaman bahasa teruji klinis dan higienis)
- TypeSetter (Bisa dilihat dalam Tokumei Sentai Go-Busters episode 8-24)
- Timing (Re-Timing apapun dengan cepat, kurang dari 10 menit untuk subs O-T ke RAW Gustav, Timing kara bisa dilihat di ED Tokumei Sentai Go-Busters Episode 23 dan 24=> Plus Insert Song Perfect Mission)
- Troll (Kemampuan alami humoris saya yang digabung dengan efek aegisubs)
- Efek Kara (Masih belajar)

Terima kasih

No comments:

Post a Comment